Selasa, 08 Maret 2011

Alim Markus

Posted on Nov 21st, 2009 and filed under Great Marketer.
You can leave a response or trackback to this entry
Cintailah produk-produk dalam negeri! Kata-kata ini tak asing di telinga banyak konsumen di Indonesia. Keluar dari mulut Alim Markus, kata-kata ini cukup sakti menghantar Maspion menjadi merek yang sukses.
Alim Markus dan Maspion adalah dua nama yang tidak dapat dipisahkan. Orang mengenal nama Maspion sebagai kelompok usaha besar yang menjamah berbagai bidang usaha, mulai dari peralatan rumah tangga, elektronik, perbankan, hingga real estate. Sedangkan Alim Markus dikenal sebagai tokoh yang mampu melambungkan nama Maspion sebagai salah satu kelompok usaha yang paling bersinar di Jawa Timur.
Perkembangan Grup Maspion yang makin pesat ini memang tidak lepas dari sentuhan tangan dan kegigihan Alim Markus. Ia mengorbankan masa kecilnya dengan berkiprah di dunia bisnis mulai dari usia 15 tahun. Sebagai anak yang meninggalkan dunia pendidikan, ia diminta untuk membantu bisnis keluarganya, PT Logam Djawa, produsen peralatan rumah tangga sederhana yang terbuat dari alumunium seperti panci dan wajan.
Tak heran jika dalam usia yang cukup muda, 30 tahun, Alim Markus sudah menjabat sebagai Presdir Grup Maspion, menggantikan posisi ayahnya tahun 1980. Ketika itu, nama Logam Djawa tidak lagi terdengar karena sejak 1971 Alim beserta ayahnya mendirikan PT Maspion Plastic & Metal Manufacturing. Kini puluhan perusahaan bernaung di bawah bendera Maspion. Grup Maspion dibagi menjadi beberapa divisi, dalam setiap divisi Alim berduet dengan salah satu adiknya.
Peran paling penting dari Alim dalam pengembangan bisnis Maspion adalah penataan sistem manajemen yang dilakukannya tahun 1980-an. Alim sangat memperhatikan penataan ini, mulai dari sistemnya hingga pengadaan perangkat komputer pada tahap awal pengembangan perusahaan. Maspion juga selalu selektif dalam memilih mitra bisnis. Mereka selalu memilih mitra yang terbaik dalam bidangnya. Mereka bermitra dengan pihak luar negeri, tetapi tetap cinta produk lokal. Merupakan kebanggaan tersendiri bila Maspion bisa memproduksi produk sendiri dan tidak mengimpornya dari luar.
Maspion kini sudah besar. Itu terjadi karena strategi ekspansi yang diterapkan Alim Markus cukup mengena. Di bawah kepemimpinan Alim, Maspion terus melakukan ekspansi, baik yang masih berkaitan dengan bisnis yang kini ditangani, atau bidang usaha yang sama sekali baru. Jangan tanyakan apa bisnis inti Grup Maspion, sebab bagi Alim, core business adalah bisnis yang bisa dikuasai.
Arman syah (dari berbagai sumber)

download__Alim Markus.doc

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Poskan Komentar

Prev Prev home

aku berada didalam kejahatan yg tak punya malu.. ingin merasakan rasanya sensasi yg baru.. godaan yg membuatku senang..


dilarang merokok,,blog ini ber~AC...!!!
boland capzlock
Diberdayakan oleh Blogger.
RUANG MANAJEMEN SUDUT PANDANG © design Template 2011 by:
boland capzlock
blogwalking.. Selamat datang di blog saya.