Kamis, 17 Maret 2011

cara membuat kursor nama

Sebelumnya aku udah post di group Adebunga's Best Friends, tapi kupindahin ke sini aja, siapa tau aja ada yang belum baca... o:-)

Target hasilnya adalah seperti di bawah ini:


Pertama-tama, buka Adobe Photoshop. Kalau proses sudah selesai, klik File > New. Isi width 300 pixel dan height 300 pixel. Setel TRANSPARANT seperti gambar di bawah ini.


Nanti kalau sudah keluar kotaknya, klik Custom Shape Tool (U) atau klik kanan di Rectangle Tool (mungkin kamu tidak menemukan Custom Shape Tool).


Kalau sudah, di bagian shape-nya kamu pilih bentuk Mac Pointer (yang dilingkari warna merah).

Lalu, pastikan di bagian toolbar atasnya yang dipilih adalah Shape Layers (yang dilingkari warna merah), bukan Paths ataupun Fill Pixels.

Dan untuk warnanya, bebas. Di sini aku pakai warna hijau. Cara mengaturnya bisa lewat Foreground Color, atau yang ada di Toolbar atas.

Sekarang kita gambar cursornya di dokumen tadi. Buat gambarnya penuh satu dokumen.

Sekarang, kita kecilkan gambarnya. Caranya klik Image > Image Size (Alt + Ctrl + I). Kecilkan Height-nya menjadi 16 pixels. Bagian width-nya akan berubah dengan sendirinya.

Jadinya gambar cursornya jadi mungil seunyil. Sekarang kita buka dokumen baru dengan cara File > New. Bagian height-nya buat jadi 29 pixels. Kalau width-nya, kira-kira aja. Setel TRANSPARANT lagi.


Kalau dokumen barunya sudah kebuka, kita balik lagi ke dokumen yang ada cursor hijau yang sudah kita buat tadi. Di bagian Layer Palletes, di tulisan Shape 1 klik kanan > Rasterize Layer. :::WARNING! SHOUDING BOX DOKUMEN YANG SUDAH KITA BUAT CURSOR HIJAU MUNGILNYA HARUS AKTIF!:::

Nanti bentuk Shape 1 akan berubah menjadi bentuk LAYER seperti gambar di bawah ini.

Sekarang, klik Move Tool (V), lalu drag and drop-lah si cursor hijau yang sudah menjadi kecil itu tadi. Letakkan di pojok kiri.

Sekarang kita ketik nama kita. Caranya pakai Horizontal Type Tool(T). Ketik nama kamu. Di sini aku pake nama "Saber" dengan font OpineHeavy, ukuran font 18pt dan warna hijau (#00bb04), karena dia tokoh anime kesukaanku dan cantik pastinya. Untuk warna, font, ukuran, teks, atur sesukamu di bagian toolbar atas.

Sekarang, kita buat efek Stroke putih di tepi cursor dan teks Saber. Hasil target nantinya adalah di tepi cursor dan teks Saber akan terdapan border warna putih dengan ketebalan 2 pixels.Tapi pertama-tama kitaberi efeknya di bagian cursor-nya dulu, ya. Caranya klik kanan di bagian Shape 1 > Blending Optinios. Centang Stroke lalu set seperti di bawah ini:

Kalau sudah di-set seperti di atas, klik tombol .
Sekarang, kita set lagi efek Stroke-nya, tetapi untuk teks "Saber". Caranya sama, klik kanan di bagian Saber > Blending Option. Set-nya sama seperti kita meng-set efek Stroke untuk cursor tadi.

Kalau sudah di-set seperti di atas, klik tombol .
Fiuh, akhirnya kita selesai juga. Sekarang kita simpan cursor nama yang kita buat tadi dengan cara File > Save As (Shift + Ctrl + S).
Nah, karena di sini tidak ada pilihan .CUR atau .ANI (dokumen untuk cursor), jadi kita simpan sebagai .GIF saja.

Nanti kalau keluar pilihan Indexed Color seperti di bawah, klik tombol  .

Lalu yang terakhir adalah pilihan interlaced. Gunanya untuk membuat gambar menjadi transparant atau berlubang di bagian kotak abu-abu putihnya. Pilih yang interlaced, lalu klik tombol.
.
Wah, selesai juga! Tinggal kamu upload ke Image Hosting "andalan"-mu. Selamat mencoba, ya!

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Poskan Komentar

Prev Prev home

aku berada didalam kejahatan yg tak punya malu.. ingin merasakan rasanya sensasi yg baru.. godaan yg membuatku senang..


dilarang merokok,,blog ini ber~AC...!!!
boland capzlock
Diberdayakan oleh Blogger.
RUANG MANAJEMEN SUDUT PANDANG © design Template 2011 by:
boland capzlock
blogwalking.. Selamat datang di blog saya.