Rabu, 09 Maret 2011

pembuatan sripsi

Skripsi merupakan karya tulis ilmiah hasil penelitian dan/atau percobaan yang disusun oleh mahasiswa di bawah bimbingan dosen pembimbing skripsi dan dipertanggung-jawabkan dalam suatu Sidang Ujian Akhir dan juga termasuk sebagai Program untuk memenuhi persyaratan memperoleh derajat kesarjanaan strata satu (S1).
Jadi dapat saya simpulkan Skripsi adalah penelaahan dan pemecahan masalah menurut kaidah kerja ilmiah dalam bentuk penelitian atau pengkajian masalah khusus
SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI

1. Judul : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……………………………………(isikan titik-titik dengan judul penelitian)

2. Latar Belakang Masalah
Penelitian dilakukan untuk menjawab keingintahuan peneliti untuk mengungkapkan suatu gejala/konsep/dugaan atau menerapkannya untuk suatu tujuan. Kemukakan hal-hal yang mendorong atau argumentasi pentingnya dilakukan penelitian. Uraikan proses dalam mengidentifikasikan masalah penelitian.

3. Perumusan Masalah
Rumuskan dengan jelas permasalahan yang ingin diteliti. Uraikan pendekatan dan konsep untuk menjawab masalah yang diteliti, hipotesis yang akan diuji atau dugaan yang akan dibuktikan. Uraian perumusan masalah tidak harus dalam bentuk kalimat tanya.

4. Batasan Masalah
Jelaskan definisi, asumsi, dan lingkup yang menjadi batasan penelitian.

5. Landasan Teori / Tinjauan Pustaka
Usahakan pustaka terbaru, relevan, dan asli dari jurnal ilmiah. Uraikan dengan jelas kajian pustaka yang menimbulkan gagasan dan mendasari penelitian yang akan dilakukan. Tinjauan Pustaka menguraikan teori, temuan, dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari acuan, yang dijadikan landasan untuk melakukan penelitian yang diusulkan. Uraian dalam Tinjauan Pustaka menjadi landasan untuk menyusun kerangka atau konsep yang akan digunakan dalam penelitian. Tinjauan Pustaka mengacu pada Daftar Pustaka.

6. Tujuan Penelitian
Berikan pernyataan singkat mengenai tujuan penelitian. Penelitian dapat bertujuan menjajaki, menguraikan, menerangkan, membuktikan atau menerapkan suatu gejala, konsep atau dugaan, membuat suatu prototipe, atau mengembangkan suatu sistem.

7. Manfaat Penelitian
Sebutkan manfaat hasil penelitian pada pengembangan ipteks, pembangunan, dan/atau kelembagaan.

8. Metode Penelitian
Uraikan metode yang digunakan dalam penelitian secara rinci. Uraian dapat meliputi peubah dalam penelitian, model yang digunakan, rancangan penelitian, teknik
pengumpulan data dan analisis data, cara penafsiran dan penyimpulan hasil penelitian. Untuk penelitian yang menggunakan metode kualitatif, dapat dijelaskan pendekatan yang digunakan, proses pengumpulan dan analisis informasi, proses penafsiran, dan penyimpulan hasil penelitian.

9. Sistematika Penulisan Laporan
Tuliskan sistematika laporan skripsi yang akan disusun sesuai dengan format yang ditetapkan di Institusi / Lembaga..

10. Jadwal Pelaksanaan Penelitian
Buatlah jadwal kegiatan penelitian yang meliputi kegiatan persiapan, pelaksanaan dan penyusunan laporan penelitian dalam bentuk bar-chart. Jadwal pelaksanaan mengacu pada Metode Penelitian.

11. Daftar Pustaka
Gunakan sistem nama dan tahun, dengan urutan abjad nama pengarang, tahun, judul tulisan/buku, kota, dan nama jurnal atau penerbit.
___________________________________________________________________________
Tugas penyusunan skripsi bertujuan agar mahasiswa (calon sarjana) dapat:
a) Membuat rencana dan melaksanakan penelitian / percobaan
b) Menganalisis, membahas dan membuat kesimpulan serta saran
c) Menuangkan hasil penelitian/percobaan dalam suatu karya tulisilmiah yang baik.
Bobot kredit
• Skripsi mempunyai bobot kredit 6 (enam) SKS terdiri atas kegiatan:
• Pembuatan proposal (rencana ) penelitian
• Pelaksanaan penelitian
• Pengolahan data
• Penulisan laporan / skripsi serta mempertanggungjawabkannya dalam suatu sidang ujian akhir program.
Persyaratan
♫ Skripsi dapat dilaksanakan oleh mahasiswa yang telah memperoleh sekurang-kurangnya 110 SKS dengan IP kumulatif minimum 2,0
♫ Sudah mengambil Mata Kuliah Keahlian Ciri Khusus (MKKC) sesuai dengan bidang penelitiannya dengan nilai mata kuliah pendukung minimum C
♫ Skripsi harus dilaksanakan dengan urutan kegiatan sbb :
♪ Persetujuan Dosen Wali,
♪ Penunjukan Dosen Pembimbing,
♪ Pembuatan rencana penelitian (proposal) yang telah didaftarkan dan mendapat nomor pendaftaran kepala laboratorium dan jurusan,
♪ Pelaksanaan penelitian,
♪ Penyusunan skripsi (laporan hasil penelitian) yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing dan harus dilaporkan dalam Kartu Pemantauan Skripsi

Pelaksanaan skripsi
Setelah mahasiswa menentukan bidang yang diminati harus mengikuti prosedur pada diagram alur untuk pemantapan topik skripsi dan menunjukkan Dosen Pembimbing.
Diagram alur pemantapan judul skripsi dan menunjukkan Dosen Pembimbing adalah sebagai berikut:

Langkah:
1. Mahasiswa menghubungi Dosen Wali (DW) guna mendapatkan data keterangan akademik (form SK1) untuk diajukan kepada Ketua Jurusan, dengan membawa keterangan dari Dosen Wali bahwa mahasiswa yang bersangkutan telah berhak mulai melakukan kegiatan skripsi. Keterangan meliputi antara lain: jumlah SKS yang telah ditempuh, IP kumulatif dan nilai mata kuliah yang terkait dengan topik skripsi.
2. Menghubungi Ketua Jurusan (KJ) untuk mendapatkan pengarahan mengenai topik skripsi dan laboratorium yang sesuai.
3. Menghubungi Kepala Lab. (Ka.Lab) untuk mendapatkan evaluasi tentang topik skripsi dan arahan tentang calon Dosen Pembimbing (CP).
4. Menghubungi calon Dosen Pembimbing (CP) sesuai pengarahan KJ dan Ka. Lab untuk mendapatkan persetujuan.
5. Melaporkan hasil konsultasi kepada Kepala Laboratorium.
6. Melaporkan hasil evaluasi topik dan usulan calon Dosen Pembimbing ke Ketua Jurusan.
7. Menyerahkan form SK1 yang telah dilegalisir KJ kepada PD I sebagai bahan untuk memproses penugasan atau penunjukan pembimbing dan surat kelengkapan lain yang diperlukan.
Pemanfaatan waktu
• Selama penelitian mahasiswa secara periodik wajib berkonsultasi dan melaporkan jalannya penelitian kepada dosen pembimbing dan Dosen Wali
• Selambat-lambatnya 10 (sepuluh) hari setelah selesai penelitian mahasiswa memberikan laporan pendahuluan dari hasil keseluruhan penelitian kepada Dosen Pembimbing
• Selambat-lambatnya 6 (enam) bulan setelah selesai penelitian mahasiswa sudah menyelesaikan draft yang telah disetujui oleh Dosen Pembimbing.apabila tidak dapat memenuhi ketentuan tersebut diperlukan surat keterangan (tertulis) dari Dosen Pembimbing ditujukan kepada pimpinan fakultas tentang kemungkinan tindak lanjut penyelesaian atau pembatalan skripsinya.
• Penyusunan skripsi dipantau oleh Dosen Wali dan Ketua Jurusan / Ketua Program Studi secara periodik (2 bulan sekali) ; bagi mahasiswa yang tidak memenuhi syarat yang sudah ditentukan serta tidak aktif dalam prosses penyusunan skripsi akan mendapatkan peringatan atau sanksi akademik dengan sanksi tertinggi adalah pembatalan skripsi / penelitian.
• Batas maksimum dari waktu penyelesaian skripsi adalah 2(dua) semester
• Proses penyusunan skripsi diakhiri dengan pengumpulan draft skripsi yang siap diujikan pada ujian akhir program.

download
__Skripsi merupakan karya tulis ilmiah hasil penelitian dan.docx

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Poskan Komentar

Prev Prev home

aku berada didalam kejahatan yg tak punya malu.. ingin merasakan rasanya sensasi yg baru.. godaan yg membuatku senang..


dilarang merokok,,blog ini ber~AC...!!!
boland capzlock
Diberdayakan oleh Blogger.
RUANG MANAJEMEN SUDUT PANDANG © design Template 2011 by:
boland capzlock
blogwalking.. Selamat datang di blog saya.