Kamis, 17 Maret 2011

Tips Belajar ala boland

Setiap orang pasti punya cara sendiri untuk belajar. Yang ini cara aku.

Dulu, katanya, aku mudah menyerap pelajaran, tapi agak lelet soal kecepatan kerja. Aku sudah berusaha keras untuk menaklukkan kekurangan ini. Yah, maksudnya waktu kelas 1 itu kata guruku tulisanku bagus, tapi nulisnya lamaa banget. Kalau pelajaran matematika, hitungannya bener, tapi selesainya lama. Kalau teman-teman sudah selesai sebelum jam pelajarannya usai, aku pasti sampai jam pelajarannya usai.

Perjuangan mengatasi ini berat juga lho, setelah mau naik ke kelas tiga baru bisa kerja dengan cepat. Gara-garanya guru kalau ngasih soal banyak-banyak banget, dan catatan juga banyak. Karena soalnya banyak, kalau salahnya banyak karena enggak selesai kan nilainya jadi kecil. Nah, kesel kan, udah capek-capek kerja nilainya kecil! Akhirnya aku bisa juga ngerjain soal dengan cepat sampai selesai dan nilainya bagus! Sekarang sih sudah terbiasa cepat.

Persoalan yang lain adalah kalau belajarnya dalam keadaan tertekan. Misalnya, dikejar-kejar suruh belajar atau dimarahi.

Jadi tipsnya:

1. Sering ngerjain latihan soal, tidak harus terus-terusan berjam-jam, nanti malah kecapekan dan sakit. Jadi, diukur sendiri seberapa cukupnya!
2. persiapkan diri dalam keadaan gembira. Kalau sudah waktunya mau belajar, lupakan semua masalah yang bikin sedih atau kesal. Yah, kalau lagi kesal atau sedih nggak usah belajar. Percuma juga...hehehe
3. jangan mudah menyerah kalau menemukan soal yang susah. Kalau jawabannya nggak ketemu juga saat itu, istirahat dulu sebentar --bangkit dari tempat duduk, nyanyi2 atau ngapain keq-- baru lanjutkan. Jadi ...tuing, otak bisa bekerja kembali.
4. kalau sedang ngerjain mapel yang perlu kerja keras otak, putar lagu yang menenangkan. Aku sih sukanya nyetel instumen yang iramanya tenang.
5. kalau lagi bosan belajar melulu karena mau menghadapi ulangan semesteran, sedangkan kita tetap harus belajar, putar lagu yang riang gembira. Apa saja kesukaanmu.
6. ini ditulis terakhir, padahal yang terpenting....sebelum dan sesudah belajar, baca doa dulu! supaya pekerjaannya berjalan dengan lancar.

Sekian saja tips belajar dariku... Masih ada yang kurang? silakan ditambah...:D

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Poskan Komentar

Prev Prev home

aku berada didalam kejahatan yg tak punya malu.. ingin merasakan rasanya sensasi yg baru.. godaan yg membuatku senang..


dilarang merokok,,blog ini ber~AC...!!!
boland capzlock
Diberdayakan oleh Blogger.
RUANG MANAJEMEN SUDUT PANDANG © design Template 2011 by:
boland capzlock
blogwalking.. Selamat datang di blog saya.