Pasang Iklan di Sini

Rabu, 13 April 2011

Maksimalkan Potensi Twitter

Nyaris semua orang kini tentunya sudah pernah mendengar Facebook. Atau Twitter. Bahkan mereka yang berada di kampung sekalipun – pembantu saya bercerita bahwa kawan-kawannya sudah memiliki account Facebook, berkat koneksi Internet dari handphone mereka.
Tapi yang sedang naik daun saat ini adalah Twitter. Siapa sangka situs yang sederhana ini ternyata bisa sedemikian suksesnya menyambungkan sekian puluh juta orang dengan yang lainnya.
Dan siapa sangka juga, ternyata Jakarta adalah ibukota Twitter di Asia – tidak ada kota di Asia lainnya dengan pengguna Twitter yang lebih banyak daripada Jakarta. Wow!
Nah, seperti biasa, saya selalu berusaha mencari manfaat dari setiap alat / fasilitas yang saya dapatkan. Sama juga dengan Twitter – selama beberapa waktu, saya berusaha mencari-cari manfaatnya. Dan yang saya temukan ternyata cukup menakjubkan!
Berikut ini adalah beberapa contohnya:
Informasi Lokal: dengan Twitter, kita jadi bisa menemukan informasi yang relevan di lokasi kita. Contoh: saat ini saya follow account @infobintaro. Dari sini, saya mendapatkan sangat banyak informasi seputar Bintaro. Dan saya bisa bertanya – yang lalu akan dijawab oleh para follower yang juga berada di daerah yang sama.
Ini sangat bermanfaat — saya kemarin ini berhasil menemukan ahli service AC & laptop komputer yang bagus, berkat bantuan dari para follower @infobintaro ini.
Juga informasi lainnya yang mungkin dirasa tidak penting – namun tetap bermanfaat ketika kita butuhkan; seperti: rekomendasi tukang nasi goreng yang enak dan info-info lainnya.
Kontak dengan Aparat negara : Ya, banyak aparatur negara yang sekarang juga sudah bisa diakses via Twitter
Salah satu contoh terbaiknya adalah @TMCPoldaMetro.
Ada beberapa pengalaman yang sangat menggembirakan dari rekan-rekan di account ini.
Contoh: Suatu hari saya mengalami deadlock di suatu daerah di Jakarta Selatan. Deadlock adalah kemacetan dimana semua arus lalu-lintas saling terkunci, tidak ada satu pun yang bisa bergerak. Saya terjebak selama sekitar 1 jam di mobil saya. Sambil menunggu, terpikir oleh saya untuk menyampaikan ini. Maka saya mengontak @TMCPoldaMetro, mengusulkan agar di simpang tersebut bisa diadakan lampu lalu lintas. Sehingga di masa depan tidak akan terjadi deadlock lagi di lokais tersebut.
Tanpa disangka, dalam waktu singkat pesan saya tersebut langsung di reply – dan sudah ditindak lanjuti. Wow!
Walaupun realisasinya memang tidak bisa seketika – karena ternyata lampu lalu-lintas itu pengadaannya dilakukan oleh Dinas Perhubungan; tapi ini adalah hal sangat menarik bagi saya. Kita bisa mengkontak aparat negara, dan komunikasi yang terjalin berlangsung dengan amat simpatik. Luar biasa.
Satu lagi pengalaman saya adalah ketika terjebak kemacetan di simpang Pondok Indah – Pondok Pinang Center. Lampu merah di simpang tersebut yang ke arah Bintaro ternyata sangat lama merahnya, sementara hijaunya hanya beberapa detik. Padahal, pada peak-hours, arus lalin dari arah ini amat padat.
Maka saya mengirimkan pesan kepada @TMCPoldaMetro mengabarkan situasi ini.
Seperti biasa, pesan saya langsung di reply dengan simpatik. Yang LUAR BIASA – beberapa hari kemudian lampu merah di simpang tersebut sudah dibetulkan setting waktunya. WOW!

Kini kemacetan di lokasi tersebut sudah tidak separah sebelumnya lagi.
Salut kita sampaikan kepada rekan-rekan kita aparat negara, yang sangat piawai memanfaatkan kemajuan informasi untuk kebaikan kita semua.
Komunikasi dengan Pejabat : Kita mungkin masih ingat beberapa waktu yang lalu ketika Presiden SBY memberikan nomor handphone nya kepada publik, sehingga kita bisa menghubungi ybs melalui nomor tersebut. Yang terjadi kemudian adalah banjir SMS ke nomor tersebut dengan sangat deras sehingga dalam waktu singkat handphone tersebut menjadi hang.
Nah, kini ternyata sudah ada beberapa pejabat tinggi negara yang memiliki account Twitter. Misalnya, Menkominfo, Tifatul Sembiring, di @tifsembiring.
Dengan memanfaatkan Twitter, maka insiden tersebut di atas tidak bisa lagi terjadi. Dan, komunikasi antara Pejabat dengan Rakyat bisa berlangsung dengan lebih lancar. Kini mereka jadi bisa mendapatkan informasi LANGSUNG dari rakyatnya – tanpa perantara yang mungkin akan membelokkan informasi yang sebenarnya.
Tunggu apalagi? Mari kita manfaatkan
Informasi TERBARU : Di Internet, ada istilah basbang – BASi BANGet. Yaitu ketika suatu informasi yang disampaikan sebetulnya sudah, er, basi
Dengan Twitter, ini tidak terjadi lagi. Berbagai kejadian terbaru kadang bisa langsung muncul di Twitter, jauh sebelum kemunculannya di media massa lainnya – TV, koran, dll.

Contoh: pada kasus bom Marriot, informasinya sudah lebih dulu muncul di Twitter, bahkan SEBELUM helikopter polisi / TV tiba di lokasi. Wow….
Dengan Twitter, maka kita jadi bisa selalu up to date. Saya pribadi saat ini tidak memasang TV di rumah, dan tidak merasa rugi sama sekali. Terimakasih Twitter.
Informasi DISKON : Ingin belanja, tapi malas membayar mahal ? Dengan bantuan Twitter, maka kita jadi bisa selalu mendapatkan harga Diskon!
Caranya mudah saja, cukup follow @DiskonJakarta. Maka Anda akan selalu mendapatkan informasi diskon terbaru di kota Jakarta. Dan tidak hanya sembarang diskon – misalnya; siapa sangka ternyata diskon 100% itu ada!
Mari kita belanja dengan cerdas, follow @DiskonJakarta.
Masih ada lagi, tapi mungkin untuk sementara itu dulu. Menarik sekali ya?
Nah, bagaimana dengan Anda? Ada tips/trik untuk menggali manfaat dari Twitter juga? Silahkan berbagi dengan kita semua!

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

Prev Prev home

aku berada didalam kejahatan yg tak punya malu.. ingin merasakan rasanya sensasi yg baru.. godaan yg membuatku senang..


dilarang merokok,,blog ini ber~AC...!!!
boland capzlock

Diberdayakan oleh Blogger.
RUANG MANAJEMEN SUDUT PANDANG © design Template 2011 by:
boland capzlock
blogwalking.. Selamat datang di blog saya.