Pasang Iklan di Sini

Kamis, 13 Oktober 2011

Panduan Cara Mudah, Cepat dan Praktis Mencari Kode HTML di Blog


searchbox-opera
Kembali melalui Panduan BloGGeR di BlogDETIK kita akan mecari solusi termudah dan tercepat mencari kode HTML di template atau desain blog. Pemahaman tentang mencari kode html sebenarnya sudah begitu banyak terpostingkan oleh para blogger, namun karena di Tutorial BloGGeR dan Tutorial BlogDETIK selanjutnya kita akan membahas secara tuntas tentang penggunaan kode HTML dan Javascript guna melengkapi kebutuhan blog, baik berbentuk modifikasi ataupun penambahan widget, maka tutorial ini menjadi sangat penting dan relevan sekali.
Karena browser yang paling banyak digunakan ada 3 (tiga), Opera, Mozilla dan Internet Explorer, maka kita akan membahas cara cepat mencari KODE HTML di ketiga browser ini. Satu contoh kode akan kita sertakan di bawah ini dan anggap saja sebagai kode yang bersama-sama hendak kita cari di template BlogSPOT atau BloGGeR.
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<style>.fullpost{display:inline;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<b:else/>
<style>.fullpost{display:none;}</style>
<p><data:post.body/></p>
Opera Lama
  1. Buka Halaman Edit HTML dengan Opera: Bagi yang belum tahu silahkan buka panduan dengan KLIK di sini!
  2. Ctrl+F : KLIKCtrl+F ” pada keyboard.
  3. Opera Lama : Pada Opera versi lama (sebelum Opera_1051), akan tertampilkan sebuah box Pencari (Search Box) yang di dalamnya terdapat tools pencarian dengan beberapa fungsi : Match whole word only, Match Case, Search up, Search down, Find Next dan kolom untuk menempatkan kode yang akan di cari, yang di atasnya terdapat teks dengan tulisan”Find , seperti yang terlihat di atas.
  4. Ambil salah satu kode, boleh yang terpanjang ataupun terpendek, kemudian masukkan dalam kolom search box seperti tampak dalam gambar.
  5. KLIKFind” untuk memulai pencarian kode. Arah pencarian bisa diposisikan pada “Seach up” atau “Seach down“. Apabila kode belum ditemukan bisa dilakukan dengan cara :
    • Mengganti dengan kode lain yang hendak dicari.
    • Memperpendek kode html yang akan dicari. Langkah pengurangan kode ini merupakan suatu cara untuk memecah kebuntuan setelah kode sulit untuk diketemukan yang disebabkan beberapa kode seringkali tertulis dalam bentuk yang sedikit berbeda. Bisa pula terjadi akibat penggunaan tanda petik dua (”) atau tanda petik satu (’) yang mempunyai fungsi sama pada banyak kode html.
    • Pada mode pencarian seperti di atas tentu saja masih membutuhkan ketelitian mata si pencari kode karena harus mencocokkan setiap kode yang mungkin ditemukan dalam bentuk sama dengan beberapa kode diatas atau bawahnya hingga benar-benar ditemukan tepat pada kode yang sedang dicari. Apapun juga ini masih lebih mudah daripada hanya mengandalkan pelototan mata untuk mencari satu diantara sekian banyak kode html yang ada di template.
Opera Baru
Pada Opera Baru (versi 1051 ke atas), Search Box terdapat di bagian kiri atas halaman. Posisinya berada di bawah address bar sama seperti halnya Internet Explorer (IE). Cara penggunaan search box bisa dikatakan tak jauh berbeda dengan opera lama sehingga tidak perlu dibahas secara lebih detail.
Mozilla-Firefox
Sedikit berbeda dengan Opera, pada Mozilla-Firefox Search Box terletak disebelah pojok kiri bawah. Jadi setelah sampeyan buka halaman “Edit HTML” blog, silahkan cari kodenya dengan memanfaatkan boks pencarian seperti yang terlihat di bawah ini.
searchbox_mozilla-firefox
Internet Explorer (IE)
Lihat bentuk Search Internet Explorer di bawah ini.
search-box-ie
Untuk melakukan pencarian kode sampeyan tinggal masukkan kode yang hendak dicari, kemudian KLIK Previous atau Next. Apabila terjadi kesulitan pencarian kode, gunakan cara yang sama seperti cara yang dilakukan di Opera Lama.

1 komentar:

land_ mengatakan...

mantap gan.. thankz yaa..

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar

Prev Prev home

aku berada didalam kejahatan yg tak punya malu.. ingin merasakan rasanya sensasi yg baru.. godaan yg membuatku senang..


dilarang merokok,,blog ini ber~AC...!!!
boland capzlock

Diberdayakan oleh Blogger.
RUANG MANAJEMEN SUDUT PANDANG © design Template 2011 by:
boland capzlock
blogwalking.. Selamat datang di blog saya.