Sabtu, 23 Juli 2011

Cara menjaga kekompakan pada komunitas



1.Pengertian
Dalam sebuah komunitas diperlukan pengertian layaknya kelurga, pacar atau mungkin layaknya suami istri yang sering bercocok tanam di malam hari….,,, wuahahahaha.Tanpa adanya pengertian antar anggota maka komunitas itu tidak akan solid dan yang ada hanya ada pertikaian di dalamnya. Di dalam komunitas kita harus tahu apa watak/Karakter tiap anggota so..  kita harus menghormati mereka.

2.Saling Terbuka
Jika Ada masalah Tiap anggota ngomong aja .., jagan di pendem2 ntr malah jadi penyakit.Tapi ngomong nya yang bener & pelan2 saja jangan sampai nyakitin, toh kita tahu kan karakter tiap anggota.Jika anggota ada yang kurang atau salah tinggal di beri masukan aja lagian demi kemajuan komunitas bersama2.Yang di beri masukan juga harus menerima dengan baik , jika masukan itu membawa hal positif pada kita,why not?

3.Jika Kamu Seorang Leader (Pemimpin)
Sebenernya dalam kamusku ga ada leader2ran, cz kita maju bersama dalam komunitas.Tapi kadang kala ada yang bilang tanpa leader komunitas tidak bisa jalan, dan komunitas harus ada leader.Jika kamu seorang Leader kamu harus bijak terhadap anggota ‘n jangan egois, jika masukan dari anggota positif, harus dijalankan. seorang leader juga harus mengetahui baik dan buruknya dalam suatu komunitas, mengetahui karakter anggota, berpikiran satu langkah lebih cepat dari yang lain,tanggung jawab komunitas harus sepenuhnya di jalankan.Demikian juga jika kalian bukan leader harus menghormati leader, cz leader biasanya lebih baik dari kalian.

4.Ingat-Ingat awal terbentuknya Komunitas.
Mencari komunitas yang cocok dengan kita tidaklah mudah,harus adaptasi yang tidak memerlukan waktu yang sebentar , merintis dari awal yang tentunya sungguh2 menguras tenaga dan otak.maka ingat2lah ketika awal2 kamu membuat komunitas.

5.Syukuri Apa yang Ada
Jika kamu mempunyai anggota yang mempunyai skill pas2san dinikmati aja, jangan malah ngomong2ngin hal-hal lain yang menyebabkan semangat kendor, tapi bagaimana membuat skill anggota tambah maju..,meskipun perlahan ga pa2..,perlahan tapi pasti.


6. Komunikasi
Ciptakan banyolan2 lucu dalam komunitas sedikit bercanda ga pa kan?hehe.Sering kumpul bareng, saling tukar pikiran atau maen kemana…,,yang penting nambah kita akrab n kompak dengan anggota.Komunikasi itu penting tanpa komunikasi komunitas akan retak seiring berjalannya hari yang silih berganti.

7.jangan Egois
Inilah yang paling sering terjadi dalam komunitas yaitu Egois!!! Merasa dirinya paling hebat, paling pandai, punya segalanya maka bertindak semena-mena dalam komunitas, padahal belum tentu orang yang begini lebih baik dari anggota yang lain, koreksi diri mungkin langkah yang lebih baik.

8.Konflik Dulu, Baru Asyik
Sayur tanpa garam kurang enak,demikian dalam komunitas kalo kita belum ada masalah dengan anggota lain pasti ada yang kurang,maka dari itu kita harus konflik dulu biar cadas!!..,hahahaha.Tapi bukan berarti kita sengaja konflik dengan anggota lain.Dengan demikian kita akan mengetahui sifat anggota lain, jika ada masalah kita cari solusinya, hal tersebut malah menjadi pelajaran yang baik dalam komunitas.Langkah selanjutnya yaitu harus berdamai, “peace man ^_^V”, kemudian kita saling menghargai satu sama lain, dan bangun komunitas menjadi lebih baik.

9.Jangan Sombong
Jangan seperti kacang lupa sama kulitnya, kalau ga mau kena semprot orang..,,
Intinya Kalo udah Sukses jangan sombong, tetep rendah hati/low profile 'n bersahaja.

10.CERAI
Dalam komunitas pun ada istilah cerai kayak pasutri, “pasangan suami istri”.. hiks2...Sebenernya ini hal yang harus dihindari.Jika salah satu anggota ada yang membuat masalah / hal yang membuat komunitas itu rusak dan kacau maka pecatlah dari komunitas!, depak dia! Karena orang2 yang begini yang jadi parasit dalam komunitas, tetapi sebelumnya harus di peringatkan dahulu dengan sabar, ingatlah! Betapa susahnya membentuk komunitas yang cocok.Kalo sudah keterlaluan barulah tindakan tersebut di lakukan..,,tetapi meskipun sudah dipecat/di depak dari komunitas, kita harus tetap menjalin persahabatan dengannya, bagaimanapun juga , dulu dia pernah gabung dalam komunitas kita.

semoga bermanfaat bagi kawand-kawand



                                            

0 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Poskan Komentar

Prev Prev home

aku berada didalam kejahatan yg tak punya malu.. ingin merasakan rasanya sensasi yg baru.. godaan yg membuatku senang..


dilarang merokok,,blog ini ber~AC...!!!
boland capzlock
Diberdayakan oleh Blogger.
RUANG MANAJEMEN SUDUT PANDANG © design Template 2011 by:
boland capzlock
blogwalking.. Selamat datang di blog saya.